Mountain AddictTravel Tips

Daftar Lengkap Peralatan & Perlengkapan Mendaki Gunung

Apa saja yang perlu dibawa saat mendaki gunung ?

Mendaki Gunung, merupakan sebuah kegiatan penuh resiko yang membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang.

Ketika kita sudah memutuskan untuk mendaki gunung, Maka sudah seharusnya kita mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan agar pendakian terasa nyaman dan tetap aman.

Agar tidak ada yang tertinggal, buatlah checklist perlengkapan sebelum mendaki. Sehingga kita mengetahui perlengkapan apa saja yang sudah siap dan belum ada. Serta tidak membawa peralatan lain yang tidak bermanfaat bagi pendakian. Bisa jadi malah menyulitkan..

Apa saja yang perlu dibawa saat mendaki gunung ?
Nah, berikut adalah daftar peralatan dan perlengkapan pendakian gunung secara lengkap.

Tidak perlu memaksakan untuk membeli peralatan baru. Jika belum memilikinya, kita bisa menyewa di rental ataupun toko-toko outdoor yang menyediakan jasa sewa alat.

PERALATAN & PERLENGKAPAN TEAM

1. TENDA DOME

Tenda adalah salah satu peralatan yang wajib dipersiapkan saat mendaki gunung. Ada banyak sekali variasi tenda dome yang beredar di pasaran, mulai dari bentuk, kualitas, serta ukuran tenda tersebut.

Dari beberapa merk tenda yang beredar di pasaran, ada beberapa rekomendasi tenda untuk digunakan dalam pendakian gunung di Indonesia. Seperti merk Naturehike, Lafuma, Great Outdoor, Merapi Mountain, Bestway, Eiger, Rei, dan lainnya.

Untuk ukuran, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan pendakian, tenda uk. 2-3 person, 4-5 person, dan seterusnya.

2. LOGISTIK / MAKANAN

Logistik berperan penting untuk mengembalikan energi pendaki yang terkuras saat perjalanan. Oleh karena itu harus dipersiapkan logistik yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein tinggi. Bukan hanya pengisi perut penunda lapar.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dibawa saat mendaki yaitu : Nasi, Telur, Roti Gandum, Buah-buahan, dan sebagainya.

3. PERALATAN MAKAN DAN MASAK

Kita sudah membawa logistik berbentuk bahan makanan, kalau gak ada peralatan masak, apa iya dimakan mentah?. Untuk itu perlu dipersiapkan kembali peralatan dan perlengkapan memasak, yaitu :

Peralatan Memasak

  • Kompor Mini / Portable
  • Nesting / Panci
  • Bahan Bakar (Gas, Parafin, Spirtus)
  • Pemantik Api ( Korek )
  • Pisau Lipat

Peralatan Makan

  • Piring/Mangkuk Plastik
  • Sendok, Garpu, Sumpit
  • Gelas Minum

4. PERALATAN KOMUNIKASI

Di atas gunung ditengah hutan itu susah sinyal. Smartphone yang tiap hari gak bisa lepas dari tangan untuk chat, browsing, dsb, bisa dilupakan diatas sana. Oleh karenanya kita butuh alat komunikasi lain untuk dapat mengetahui keadaan team yang berbeda lokasi. Serta dapat digunakan untuk memberikan informasi darurat.

Beberapa alat komunikasi yang biasa digunakan yaitu : Handy Talky / Walkie Talkie, Peluit, dll

5. KOTAK P3K

Perlengkapan ini tidak boleh tertinggal untuk mengantisipasi segala sesuatu yang tidak diinginkan. Kotak P3K ini biasanya berisikan obat-obatan umum, seperti obat sakit kepala, penurun panas, penahan nyeri, hingga perlengkapan medis darurat. Seperti Kasa, Oksigen Portable, Obat merah, alkohol, dan lainnya.

6. TRASHBAG / KANTONG SAMPAH

Perlengkapan yang satu ini, memiliki banyak fungsi selain fungsi utamanya untuk mengangkut sampah pendakian. Antara lain, alas duduk, Penadah air hujan, Cover Bag Darurat, dan lainnya.

Minimal setiap 2 orang memiliki 1 kantong sampah yang siap digunakan mengangkut sampah kelompok ataupun pribadi. Semakin banyak anggota kelompok, maka semakin banyak trashbag yang perlu disiapkan.

PERALATAN & PERLENGKAPAN PRIBADI

1. TAS GUNUNG / CARRIER / DAYPACK

Tas Gunung atau sering disebut keril merupakan perlengkapan utama dalam pendakian. Tas ini berfungsi untuk mengangkut seluruh perlengkapan lainya. Bentuk dan ukuran Tas Gunung / Carrier ini pun bervariasi, dengan kenyamanan dan juga kualitas yang beraneka ragam. Jangan lupa dengan cover-nya untuk melindungi tas ketika hujan.

Recomend : Osprey, Deuter, Consina, Eiger, dll

Rekomendasi tersebut tidak menjamin kenyamanan, karena bentuk dan ukuran tas disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing .

2. SLEEPING BAG / KANTUNG TIDUR

Sleeping Bag atau kantung tidur akan sangat berperan dalam pendakian. Sleeping bag akan menjaga suhu tubuh tetap hangat saat beristirahat di dalam tenda.

3. JAKET GUNUNG

Saat ini, Jaket gunung sepertinya sudah dimiliki hampir oleh semua orang, Pendaki ataupun bukan. Karena Jaket gunung sudah menjadi style sehari-hari saat ini. Namun, untuk mendaki gunung, tetap perlu diperhatikan fungsi utama dari jaket tersebut, terutama untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Lainnya seperti breathable, waterproof, windproof, dan yang pasti nyaman digunakan.

Recomend : Columbia, The North Face, Mountain Hardwear, Tresspass, Consina, dll

4. SEPATU & SANDAL GUNUNG

Kedua item ini tidak dapat dipisahkan. Sandal selain berfungsi saat beraktifitas di campground, juga berguna sebagai cadangan jika sepatu gunung yang digunakan tiba-tiba jebol. Sepatu dan sandal Gunung di desain sedemikian rupa agar tetap nyaman digunakan dalam berbagai situasi perjalanan. Seperti jalan berlumpur, pasir, bebatuan licin, dan sebagainya. Dan yang pasti untuk keamanan dan keselamatan penggunanya.

Recomend Sepatu : The North Face, Hi-Tech, Merrel, SNTA, Consina, Eiger, dll

5. JAS HUJAN / RAINCOAT / PONCO

Jas Hujan / Raincoat merupakan hal wajib yang perlu disiapkan oleh pendaki, karena cuaca di pegunungan sulit untuk diprediksi. Karena jika hujan saat mendaki, hal paling penting untuk diperhatikan adalah menjaga kondisi tubuh tetap kering untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, seperti hypothermia.

6. PAKAIAN TREKKING

Pakaian Trekking berfungsi sebagai pelindung tubuh dari tajamnya duri-duri kehidupan serta panasnya sinar ultraviolet. Saat Pendakian, pilihlah pakaian yang ringan, mampu menyerap keringat dan cepat kering.

7. HEADLAMP / SENTER 

Headlamp ataupun senter juga wajib dibawa saat mendaki gunung. karena di dalam hutan, hanya headlamp / senter lah yang akan menjadi sumber cahaya bagi pendaki saat malam hari.

8. SARUNG TANGAN

kulit dan Telapak tangan kita sangat sensitif terhadap cuaca dingin. Oleh karenanya bawalah sarung tangan untuk menjaga kehangatan telapak tangan agar tetap nyaman beraktifitas. Selain itu dengan hangatnya tangan, maka tubuh pun akan mudah menyesuaikan suhu tubuh.

9. MATRAS

Matras, merupakan lapisan kedua lantai tenda agar tetap nyaman ketika beraktifitas ataupun beristirahat diatas dinginnya tanah pegunungan. Matras juga berfungsi untuk duduk santai di depan tenda menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

10. TRAKING POLE

Tracking pole / tongkat dapat membantu meringankan perjalanan saat mendaki ataupun menopang tubuh saat turun. Tracking pole ini pun memiliki banyak fungsi lain yang bermanfaat, seperti tiang penyangga flysheet, tiang tali jemuran, serta untuk pertahanan diri dari hewan buas.

11. BUFF / SLAYER

Buff/Slayer berfungsi untuk melindungi kepala agar tetap hangat, terutama telinga yang juga merupakan salah satu organ yang cukup sensitif terhadap suhu dingin.

12. GAITER

Gaiter adalah pelindung kaki, Dalam trek berpasir seperti semeru, gaiter berfungsi untuk mencegah pasir masuk kedalam sepatu.

13. OBAT-OBATAN PRIBADI

Perlengkapan ini mencakup vitamin ataupun obat apabila Anda memang mempunyai penyakit ringan. Obat-obatan pribadi juga bisa dikategorikan kedalam kebutuhan untuk perawatan perorangan. Obat-oabtan yang biasanya dibawa yaitu minyak kayu putih, obat luka, obat alergi, obat diare dll.

14. PERLENGKAPAN IBADAH

Bagi yang beragama muslim, sudah jelas shalat 5 waktu adalah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan, kecuali berhalangan bagi wanita. Jadi, Jangan lupa perlengkapannya dibawa juga. Sarung, sajadah, mukena, mushaf, dan lainnya.. ^^

PERALATAN & PERLENGKAPAN DARURAT

Perlengkapan ini merupakan item yang dibutuhkan dalam kondisi yang benar-benar genting/darurat. Misalnya harus menghadapi kondisi survival di dalam hutan karena tersesat, butuh pertolongan darurat, dan sebagainya.

Peralatan dan perlengkapan tersebut meliputi :

  • Kompas
  • Peta Topografi
  • GPS
  • Alat Tulis Darurat
  • Survival Kit (pisau lipat, peluit, pemantik, tali temali dan lainnya)
PERLENGKAPAN TAMBAHAN
  • Tali Webbing
  • Hammock
  • Tas Lipat
  • Power Bank
  • Kamera
  • Bahan Bakar Pribadi (Rokok)
  • Alat Kecantikan
  • Curriculum Vitae ( Siapa tau ada gunung yg buka lowongan )

: NOTE :
Mendakilah dengan Bijak, minimal dengan melakukan 3 hal berikut :

– Jangan Ambil Sesuatu kecuali Gambar / Don’t take anything but picture
– Jangan Tinggalkan sesuatu kecuali jejak / Don’t leave anything but footprints
– Jangan Bunuh sesuatu kecuali waktu / Don’t Kill anything but times

GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH

Jika ada hal yang kurang dimengerti, kritik dan ide lain seputar peralatan dan perlengkapan pendakian gunung.
Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

… Baca Juga :

Silahkan share artikel ini jika bermanfaat, dan tolong diperbaiki melalui komentar jika ada tulisan yang salah.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Salam lestari dan selamat mendaki.

Tags

Lensa Kusam

Lensa Kusam ... Blog panduan , Tips , dan Catatan petualangan. Mengupas tuntas pembahasan tentang pendakian gunung, fotografi, blogging, dan editing video.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: